Labels

Sunday, April 21, 2013

Beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan


 Beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan






Berikut ini adalah manfaat jahe untuk kesehatan


Menjaga Sirkulasi Darah. 

Jahe mengandung kromium, magnesium dan seng yang dapat membantu untuk meningkatkan aliran darah, serta membantu mencegah dari kedinginan, demam, dan keringat berlebihan.

Meningkatkan penyerapan.

Jahe meningkatkan penyerapan dan stimulasi nutrisi penting dalam tubuh. Hal ini dilakukan dengan merangsang lambung dan sekresi enzim pankreas.

Mencegah Dingin dan Flu

Jahe telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pengobatan alami untuk flu di seluruh Asia. The University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa untuk mengobati gejala pilek pada orang dewasa, akar jahe segar diparut atau cincang dalam air panas, dua sampai tiga kali sehari.


Jahe Untuk Sakit Perut , Kembung

Jahe sangat ideal dalam membantu pencernaan, sehingga meningkatkan penyerapan makanan dan menghindari sakit perut. Jahe dapat mengurangi peradangan dengan cara yang mirip dengan aspirin dan ibuprofen
Ekstrak jahe amat bermanfaat bagi mereka yang sering menderita perut kembung dan nyeri. Jahe bisa dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan dan iritasi usus.

Mencegah Kanker Usus.

Sebuah studi di University of Minnesota menemukan bahwa jahe dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker kolorektal.


Pengobatan Kanker Ovarium. 

Bubuk jahe menginduksi kematian sel pada sel kanker ovarium


Mengurangi Nyeri dan Peradangan. 

Jahe mengandung beberapa zat anti-inflamasi paling ampuh diantaranya senyawa gingerrol dan merupakan obat penghilang rasa sakit alami yang manjur.
Saat mencari obat anti peradangan pastikan obat tersebut mempunyai kandungan gingerol.
Ekstrak jahe juga bermanfaat untuk orang dengan arthritis dan osteoarthritis.
Jahe diyakini mengandung komponen yang bisa menghambat COX. COX adalah salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab terhadap timbulnya peradangan.
Obat resep penghambat COX biasanya memiliki berbagai efek samping yang bisa merugikan. Jahe, sebagai herbal alami menawarkan khasiat serupa tanpa disertai efek samping.

Jahe Untuk Masalah Pernapasan. 

Jika Anda menderita penyakit pernapasan umum seperti batuk, bantu dengan jahe dalam memperluas paru-paru dan mengurangi dahak karena merupakan ekspektoran alam yang mampu menghilangkan lendir. Dengan begitu Anda dapat dengan cepat pulih dari kesulitan bernafas.
Seperti aspirin, gingerol dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Menggunakan jahe berarti akan menekan timbulnya efek samping seperti yang biasa terkandung dalam obat-obatan kimia.

Memperkuat Kekebalan. 

Jahe membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi jahe dapat membantu resiko potensi stroke dengan lemak menghambat dari arteri. Hal ini juga mengurangi infeksi bakteri di perut, dan membantu melawan batuk dan iritasi tenggorokan.

Mencegah Mabuk Perjalanan

Jahe efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Keefektifan jahe bahkan mengalahkan obat mabuk yang banyak tersedia di pasaran.
Selain itu, jahe juga berkhasiat meringankan morning sickness atau rasa mual yang sering diderita wanita hamil.

Mencegah Penyakit Jantung
Studi terbaru menunjukkan bahwa ekstrak jahe bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Jahe dapat membantu mencegah aterosklerosis.
Manfaat jahe serupa dengan aspirin yang bisa mengurangi pembekuan darah.
Jahe juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat dan meningkatkan sirkulasi darah.

Pereda Nyeri dan Sendi Kaku

Dalam uji klinis, jahe ternyata mampu menghilangkan rasa sakit, meningkatkan pergerakan sendi, serta mengurangi pembengkakan yang umumnya terkait dengan rheumatoid arthritis.
Jahe juga dapat membantu meredakan nyeri punggung dan sakit kepala migrain.  .

Gula Darah Tinggi & Tekanan Darah Tinggi

Jahe bermanfaat untuk merawat orang dengan gula darah tinggi dan penderita tekanan darah tinggi.
Selain jahe, kunyit dikenal pula sebagai rempah-rempah yang memiliki khasiat serupa.

Anti Alergi

Jahe, bersama dengan ekstrak biji anggur, dapat membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang terjadi selama musim alergi.
Penderita alergi akan senang mendengar bahwa jahe tidak akan menimbulkan rasa kantuk dan efek samping lain yang biasa menyertai obat antihistamin (anti alergi).



Baca juga
Jahe (Zingiber Officinale)
Cara Membuat Jahe Instan
Manfaat Jahe Untuk Kecantikan




No comments:

Post a Comment